Outsourcing Sebagai Solusi Operasional Bisnis

Sepertinya kita harus bersyukur sekali pada akhirnya negara ini mampu melewati masa pandemi dan dapat mulai beraktivitas, travelling atau bekerja seperti biasa lagi. Tentunya kita sudah belajar dari masa pandemic untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan, dimanapun dan kemanapun kita pergi.

Kantor-kantor mulai menampakkan aktivitasnya, jalan-jalan ramai dengan kendaraan, tempat makan penuh pengunjung, yang semula kehilangan pekerjaan bisa jadi akhirnya menemukan jalan rejekinya yang diidamkan. Hampir semua bisnis mulai menggeliat, tapi kemungkinan besar beberapa tempat usaha atau perusahaan belum siap untuk beradaptasi dengan kenormalan baru setelah pandemic ini.

Sebut saja Bu Indah, beliau adalah manager sebuah hotel bintang 3 yang setelah pandemi berakhir, kewalahan menerima kunjungan wisatawan. Bu Indah tentunya tidak siap untuk merekrut dan melatih karyawan-karyawan tambahan di area keamanan dan kebersihan, setelah karyawan sebelumya beberapa telah dilepaskan karena pandemic. Apalagi memastikan system reservasi dan persiapan kamar, bahan makanan untuk resto hotel pun serta layanan hotel lainnya harus tetap dijaga agar tidak mengecewakan tamu-tamu yang datang. Jaman digital dan social media seperti saat ini, satu testimonial buruk yang dipasang di jagat maya bisa menghancurkan sebuah bisnis, sehingga Bu Indah sungguh-sungguh tidak ingin tamu hotel kecewa lalu kemudian memberikan testimonial buruk.

Lalu bagaimana Langkah yang diambil Bu Indah? Beliau akhirnya menghubungi perusahaan outsourcing untuk mengisi kebutuhan security dan bagian cleaning service.

Sebenarnya sistem outsourcing ini dipercaya sebagai solusi bagi banyak perusahaan terkait masalah kekurangan sumber daya manusia (SDM). outsourcing diartikan sebagai pengalihan Sebagian pekerjaan yang tidak berhubungan langsung dengan bisnis inti perusahaan, kepada pihak atau perusahaan lain, lebih dikenal dengan istilah sub-kon. Sehingga karyawan outsourcing bukan merupakan karyawan dari perusahaan pengguna melainkan tenaga kerja dari pihak lain. Dan merekrut pekerja outsourcing bisa menjadi strategi perusahaan untuk mengurangi biaya operasional.

Sebuah sistem pasti memiliki kekurangan serta kelebihan tersendiri. Mari kita simak apa saja keuntungan dan kekurangan dari system outsourcing ini terhadap pengguna jasa outsourcing.

Keuntungan menggunakan jasa outsourcing

1. Menghemat biaya training karyawan

Kelebihan utama outsourcing adalah dapat menjadi strategi perusahaan untuk memangkas biaya operasional. Sebab, karyawan outsourcing sudah memiliki keahlian spesifik yang dibutuh perusahaan. Dengan begini, perusahaan dapat mengurangi anggaran pelatihan pada pekerja.

2. Bisa meningkatkan fokus bisnis

Perusahaan tidak perlu lagi khawatir dengan pekerjaan teknis yang tidak berhubungan langsung dengan kegiatan inti.Karena nantinya pencarian tenaga kerja, pengadaan training, sampai pengalokasian rekrutmen untuk posisi tertentu akan diatur oleh perusahaan outsourcing.

3. Mengurangi beban rekrutmen

Semua urusan seleksi karyawan juga akan dilakukan oleh perusahaan outsourcing. Sementara, perusahaan yang membutuhkan jasa outsourcing sudah bisa langsung mendapatkan karyawan terpilih dari perusahaan outsourcing

Kekurangan menggunakan jasa outsourcing

1. Tidak disarankan untuk mempekerjakan tenaga kerja outsourcing untuk ditugaskan di posisi pekerjaan dalam kegiatan utama bisnis. Karena dapat meningkatkan peluang bocornya informasi rahasia perusahaan.

2. Kontrak kerja cenderung relatif singkat.

Kontrak kerja yang cenderung pendek akan merepotkan perusahaan. Karena harus sering sering memperbaharui kontrak atau mencari perusahaan lain untuk tenaga kerja yang baru. Dan jika memilih untuk merekrut tenaga kerja dari institusi yang baru, risiko yang akan mereka hadapi adalah proses dan peralihan yang memakan waktu lama.

3. Timbul ketergantungan

Hal tersebut mungkin terjadi apabila ada sistem atau cara kerja yang dirahasiakan oleh perusahaan outsourcing, sehingga perusahaan yang menggunakan outsourcing tidak dapat mengetahui detil cara mengerjakan pekerjaan tersebut. Sehingga hanya pegawai outsourcing lah yang bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

 

Mengenal PELNI Service Outsourcing

Nah, bagi pemilik usaha dan perusahaan pasti pernah mendengar nama PT. PELNI. PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) adalah perusahaan pelayaran milik negara yang didirikan pada tahun 1952 yang bergerak di bidang jasa transportasi kapal laut. PT PELNI mengoperasikan armada kapal penumpang, kapal ferry cepat dan armada kapal barang yang telah melayani rute perjalanan domestik dan menyinggahi lebih dari 94 pelabuhan di seluruh pelosok Nusantara. Semua fasilitas dan layanan yang disediakan pada armada kapal, tentunya sudah dirancang untuk menjamin standar keselamatan dan kenyamanan bagi pelanggan dan kru laut, didukung oleh SDM yang profesional dan mengutamakan kepuasan pelanggan.

Dalam perkembangannya, PT PELNI tidak hanya melayani jasa transportasi kapal laut. Dengan membentuk beberapa anak perusahaan yang salah satunya adalah PELNI Service Outsourcing, yang bergerak di bidang jasa, yaitu di bidang Outsourcing atau tepatnya penyediaan tenaga kerja kepada perusahaan lain yang membutuhkan.

Tujuan utama hadirnya PELNI Service Outsourcing ini untuk mengurangi beban perusahaan lain yang menjadi klien PELNI Service Outsourcing. Pasalnya mengelola tenaga kerja dalam suatu perusahaan membutuhkan keahlian, sumber daya dan waktu agar dapat didukung oleh tenaga kerja yang sesuai, sehingga keseluruhan operasional dan bisnis dapat berjalan maksimal.

Layanan PELNI Service Outsourcing adalah menjadi bagian dalam pengelolaan suatu perusahaan dengan menyediakan tenaga-tenaga kerja professional, terlatih sesuai bidangnya dan dengan servis maksimal. Tidak heran PELNI Service Outsourcing mengusung jiwa Terbaik Melayani, karena dari segi pengalaman perusahaan utamanya telah membentuk system yang sudah terbukti melayani sejak tahun 1952.

Apa saja sih yang disediakan PELNI Service Outsourcing? Posisi-posisi penting yang mempermudah operasional perusahaan seperti Security, Cleaning Service, Tenaga Manage Sevice, Call Center, Driver, Gardener, dan juga Receptionist. Selama ini, PELNI Service Outsourcing telah menyediakan tenaga kerja dan membantu operasional berbagai perusahaan baik BUMN, BUMD maupun Swasta, bahkan mulai bergerak untuk melayani individu sesuai kebutuhan.

Jadi bagi penggiat dan pemilik tempat usaha, tertarik kan untuk mulai menggunakan jasa outsourcing dari PELNI Service Outsourcing?

Scroll to Top